Makanan, bagaimana pengaruhnya dengan obat NSAID?

Oktober 22, 2020

Efek gastrointestinal NSAID kan disebabkan oleh penghambatan sintesis prostaglandin yang merupakan efek sistemik, apa kaitannya dengan makanan?

...

Efek GI NSAID timbul akibat adanya efek topikal dan efek sistemik.

...

Efek topikal disebabkan oleh sifat NSAID sendiri yang bersifat iritan terhadap mukosa lambung. NSAID akan berinteraksi dengan membran fosfolipid, menyebabkan  penurunan hidrofobisitas mukosa gastrik yang memudahkan asam lambung dan pepsin untuk merusak permukaan epitel. Hal ini mengakibatkan lambung menjadi lebih rentan mengalami ulcer.

...

Efek sistemik ditimbulkan oleh penghambatan sintesis prostaglandin melalui jalur siklooksigenase, seperti yang kita kenal selama ini.

...

Penggunaan NSAID setelah makan dan pemberian lapis enterik pada NSAID bertujuan untuk meminimalkan efek topikal NSAID tersebut, sehingga akan menurunkan resiko kejadian gastrointestinal.

...

Untuk efek sistemik, memang cukup sulit untuk ditekan jika kita menggunakan NSAID nonselektif. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan PPI (proton pump inhibitor) atau menggunakan NSAID yang lebih selektif ke COX-2.

...

Kemudian, setelah makan atau bisa kapan saja?

Hal ini akan bergantung pada tujuan penggunaan dan siapa yang menggunakan.

...

Hal ini akan bergantung pada tujuan penggunaan dan siapa yang menggunakan.

...

Kalau digunakan sesekali untuk nyeri akut, seperti dismenorrhea atau sakit kepala, dimana efek analgesik diperlukan segera, NSAID bisa digunakan sebelum makan. Tujuannya untuk mempercepat efek. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, adanya makanan akan menunda onset obat. 

...

Tetapi jika digunakan untuk penyakit kronis, seperti artritis, dan digunakan untuk pasien lansia, maka harus digunakan setelah makan. Tujuannya untuk meminimalkan gangguan lambung.

...

Jika tidak digunakan setelah/bersama makanan, NSAID diminim bersama segelas air putih (250 ml). Jika timbul gangguan GI ringan, kunyah permen karet, hisap permen lozenge, atau makan dalam porsi sedikit. Beberapa hal tadi dapat meningkatkan aliran saliva yang akan menetralkan asam lambung. Jika timbul gangguan GI sedang-berat, gunakan ranitidin atau omeprazol OTC.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images